Sabtu, 30 Januari 2016

Jenis-Jenis Gangguan Pada Perangkat WAN

    Pada sistem jaringan komputer sangat rawan terhadap ganguan atau kerusakan dikarenakan banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan terjadi ganguan atau kerusakan pada jaringan tersebut.
Beberapa jenis gangguan yang sering terjadi pada perangkat WAN, yaitu:
a.     Hardware (Perangkat keras)
      Adanya kesalahan pemasangan pada perangkat yang tidak sesuai dengan prosedur atau manual book. Ditemukan cacat pada perangkat / komponen jaringan. Indikasi ini dapat dilihat pada komponen server, workstation, hub/switch, dan kabel konektor.
b.      Software (Perangkat lunak)
      Gangguan dapat terjadi dari software yang ada diserver atau PC client, gannguan ini bias disebabkan oleh tidak jalannya aplikasi di wireless, konflik IP ( Internet Protocol ),tidak jalannya proses proxy server pada server, dan masih banyak lagi jeni ganguan software lainnya, solusinya adalah Admin harus menguasa standard server dan client.
c.      Eksternal lainnya
      Jaringan down, hal ini dapat disebabkan oleh mati atau tidak berfungsinya komponen pada jaringan. Tidak berfungsinya komponen ini dapat disebabkan oleh korosi (berkarat) dan rusak. Korosi timbul karena ruangan lembab atau waktu pemakaian yang sudah terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala. Perangkat wireless yang kita gunakan sering mati mendadak karena sumber listrik mati dapat menyebabkan perangkat WireLess yang kita gunakan akan cepat rusak. Sehinga akan mempengaruhi jaringan apabila terjadi kerusakan pada Wirelesss/radio workstation maupun di router server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar